Menlu: Rekam Jejak Diplomasi Indonesia Patut Dibanggakan


Rekam jejak diplomasi luar negeri Indonesia patut dibanggakan, terutama dalam menangani sejumlah masalah internasional yang sedang terjadi. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Kebijakan luar negeri Indonesia sangat konsisten. Rekam jejak Indonesia juga patut dibanggakan. Indonesia selalu mengedepankan kerja sama kolaborasi," kata Menlu Retno dalam pidatonya di acara Conference on Indonesian Foreign Policy, di Jakarta, Sabtu 20 Oktober 2018.

Salah satu yang ditekankan Menlu Retno adalah konsep Indo Pasifik dan juga dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Palestina akan terus menjadi prioritas kebijakan luar negeri Indonesia. Semua negara harus menghormati hukum internasional yang berlaku saat ini," tegas dia.

Sementara itu, untuk konsep Indo Pasifik, Menlu Retno menegaskan bahwa konsep ini dibentuk untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas dunia.

Politik luar negeri Indonesia berusaha memajukan memajukan kepentingan nasional, yaitu melindungi NKRI. Indonesia tidak akan mundur selangkah pun jika sudah menyangkut negara kita.

Kebijakan luar negeri Indonesia berarti kontribusi Indonesia untuk urusan internasional. Menlu Retno membeberkan beberapa kontribusi yaitu untuk Palestina, Rakhine State, para pengungsi dan memberantas terorisme. [medcom.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel