Menlu Sampaikan Duka Cita untuk Keluarga Tuti yang Dieksekusi Mati

Foto: detikcom

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan duka cita kepada keluarga TKI Tuti Tursilawati yang dieksekusi mati di Arab Saudi.

"Saya ingin menyampaikan atas nama pemerintah dan saya pribadi duka cita yang sangat dalam kepada keluarga Tuti Tursilawati. Tim dari Kemlu sejak tadi pagi sampai siang ini berada bersama dengan keluarga almarhumah Tuti untuk menyampaikan secara langsung dan sekaligus menyampaikan duka cita yang dalam dari kami semua," kata Retno di BNDCC, Nusa Dua, Bali, Selasa (30/10/2018).

Eksekusi mati Tuti pada Senin (29/10) waktu setempat diterimanya tanpa notifikasi. Retno juga sudah menghubungi otoritas Arab Saudi untuk menyampaikan protes.

"Kemarin kami menerima informasi bahwa pada 29 Oktober 2018, pagi waktu Saudi Arabia telah dilaksanakan hukuman mati terhadap saudara Tuti Tursilawati terpidana mati kasus pembunuhan. Setelah menerima kabar tersebut saya langsung hubungi Menlu Saudi, saya sampaikan protes dan konsen kita yang sangat mendalam seperti yang dilakukan warga lain di Saudi. Pelaksanaan hukuman mati terhadap almarhumah Tuti dilakukan tanpa notifikasi resmi," papar Retno.

Tuti diproses hukum karena memukulkan kayu ke majikannya bernama Suud Malhaq Al Utibi di rumah majikannya di Kota Thaif pada 11 Mei 2010. Ibu Tuti, Iti Sarniti, menyebut Tuti tidak berniat membunuh majikannya, melainkan membela diri. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel