Pertamina Distribusikan 16.000 Liter BBM ke Palu

Foto: Dok. Pertamina

PT Pertamina akan mendistribusikan 16.000 liter bahan bakar minyak (BBM) ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan pasokan BBM kepada masyarakat terdampak gempa dan tsunami.

Pengiriman itu, kata dia, otomatis akan mengaktifkan kembali SPBU untuk kepentingan masyarakat. "Bahan bakar ini didatangkan dari Tarakan, Toli-toli dan Poso untuk menambah pasokan," kata Rini seperti dilansir dari Antara, Senin, 1 Oktober 2018.

Ia menyebut ada tujuh mobil dispenser bensin yang didatangkan untuk mengakomodasi kebutuhan BBM. Rini berjanji masyarakat secepatnya mendapatkan BBM dari SPBU dan mobil dispenser tersebut.

Direktur Logistik PT Pertamina Ghadi Sriwidodo menambahkan pihaknya akan melaksanakan arahan Menteri BUMN tersebut. Mulai malam ini, ada tiga SPBU di Palu yang aktif memasok premium dan pertalite.

"Masing-masing BBM premium delapan ribu liter dan pertalite delapan ribu liter. Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir kami terus menyalurkan secara bertahap," kata Ghadi.

Ketiga SPBU itu, menurut dia, yang paling siap melayani masyarakat. Sebab, 20 SPBU lain di Palu dinyatakan lumpuh dan tidak bisa difungsikan. Ghani juga merespons masyarakat yang mengambil sendiri bahan bakar dari pom bensin.

Dia sangat menyayangkan hal itu. Karena itu bentuk kriminal. Kendati demikian, dia tidak bisa dipungkiri BBM juga menjadi kebutuhan masyarakat.

Kapendam XIII Merdeka, Kolonel Infantri TNI Tohir menegaskan akan mengawal penyaluran BBM di SPBU yang ditunjuk sementara yakni, SPBU Jalan Maluku, SPBU di Jalan Martadinata dan SPBU di Jalan Gusti Ngurah Rai.

"Kami tegaskan kawal untuk penyaluran BBM, sesuai dengan tugas pokok, menjaga agar suasana tetap kondusif di Palu. Bila ada orang yang ingin melakukan tindakan-tindakan melanggar aturan maka ditindak tegas, tidak boleh lagi ada penjarahan atau mengambil sendiri BBM di SPBU," kata Tohir. [metrotvnews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel