Sandi Sebut Nasi Ayam di Jakarta Rp50 Ribu, Kubu Jokowi: Dia Bangun Hoaks Kecil



Juru bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga menyebut calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno telah membangun hoaks kecil melalui pernyataan-pernyataan yang kerap diucapkannya.

Pernyataan Sandiaga ini salah satunya adalah membandingkan harga nasi ayam di Singapura yang jauh lebih murah daripada di Jakarta. Sandiaga menyebut harga nasi ayam di Singapura itu Rp 35 ribu sedangkan di Jakarta Rp 50 ribu.

"Coba kita beli nasi ayam di Jakarta, berapa sih dibandingkan dengan Singapura. Jadi ini saya lihat ini ada hoaks kecil yang dibangun," jelas Arya di Media Centre Jokowi-Ma'ruf, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Senada dengan Arya, Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf lainnya, Ace Hasan Syadzily mengatakan pernyataan Sandi kerap tak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan. Bahkan, Ace menyebut tim ekonomi Prabowo-Sandi juga telah melakukan kebohongan.

"Soal pernyataan Pak Sandi, itu bagian hoaks. Karena itu enggak sesuai kenyataan di lapangan. Salah satu yang disampaikan Bung Sandi itu dari informasi tim ekonominya. Jangan-jangan tim ekonominya juga melakukan kebohongan di lapangan," ucap Ace.

Ace meminta agar Sandiaga dan tim ekonominya kembali mengecek kondisi di lapangan. Politisi Golkar ini memandang informasi tersebut menyesatkan.

"Oleh karena itu, siapapun termasuk kami, setiap informasi yang diterima kita semua tentu harus dicek lagi realitas dan faktanya di lapangan," jelas Ace.

Sebelumnya, Sandiaga membandingkan harga bahan pangan Indonesia dengan Singapura dan India. Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang ia dapatkan, harga berbagai bahan pangan di India seperti beras dua kali lipat lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.

Tak hanya itu, harga sepiring nasi ayam di Singapura juga lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia. Jika di Singapura harga sepiring nasi ayam sekitar 3,5 dolar Singapura (SGD) atau sekitar Rp 35 ribu, di Indonesia harganya sekitar Rp 50 ribu.

Hal ini disampaikan Sandi usai bertemu para milenial di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Senin 8 Oktober 2018 lalu. "Jadi kalau misalnya di Singapura sepiring chicken rice itu 3,5 dolar (SGD) atau Rp 35 ribu, di sini mungkin bisa Rp 50 ribu," sebutnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel