Segera Meluncur, 8 Model Mobil Nasional Esemka Sudah Lolos Uji Tipe


Apa kabar mobil nasional (mobnas) Esemka? Lama tak terdengar, Esemka dikabarkan sudah siap meluncurkan delapan model kendaraannya.

Model-model mobil tersebut sudah melewati tahapan pengujian di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB), Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala BPLJ-SKB Kemenhub, Caroline Noorida mengungkapkan, ada delapan tipe mobil Esemka yang sudah diuji kelayakannya. "Iya betul. Ada delapan model yang sudah kita uji," ujarnya, saat dikonfirmasi iNews.id, Selasa (16/10/2018).

Kedelapan mobil Esemka yang dinyatakan lulus uji tipe, meliputi Bima 1.0 (4×2) MT, Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.3 L (4×2) MT, Bima 1.8 D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, Borneo 2.7D (4×2) M/T dan Garuda 2.0 (4×4) MT.

Caroline memaparkan sebelum mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT), kedelapan mobil Esemka harus melalui tahapan pengujian seperti kendaraan lain. "Sama seperti kendaraan lain. mulai dari uji dimensi, uji konstruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji side slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle, serta pemenuhan persyaratan teknis," katanya.

Pemenuhan persyaratan teknis lainnya, lanjut Caroline, pemeriksaan serta pengujian pada bagian sabuk, kaca, dan sebagainya. "Untuk setiap pengujian satu tipe, memakan waktu sampai dua hari," ujarnya.

Atas kelulusan uji tipe tersebut, Esemka dikabarkan siap masuk jalur produksi dan hanya mengunggu waktu peluncuran. Di mana salah satu syarat memproduksi mobil telah mendapatkan lampu hijau dari Kementerian Perhubungan dengan mengeluarkan Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Sekadar informasi, pengujian Esemka sudah dilakukan secara bertahap sejak 2016 dan selesai dilakukan pada Agustus 2018. Namun, hingga kini belum ada kabar pasti peluncuran mobil ini. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel