Sri Mulyani Cairkan Rp 560 M untuk Palu dan Donggala Hari Ini

Foto: detikcom

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini mencairkan dana Rp 560 miliar yang merupakan usulan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"(Anggaran Rp 560 miliar untuk bantuan bencana) hari ini juga sudah cair," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Senin (1/10/2018).

BNPB sendiri meminta dana tersebut pada Sabtu (29/9), dan Kemenkeu langsung memprosesnya hari itu juga sehingga bisa cair hari ini.

"Yang itu (Rp 560 miliar) yang saya proses weekend kemarin begitu terjadi (gempa), hari Sabtu permintaan kita sudah approve dan proses penganggarannya sedang berjalan sehingga itu kita setujui pada hari Sabtu yang lalu," jelasnya.

Nantinya pemanfaatan dan pembagian alokasi bantuan tersebut akan diatur langsung oleh BNPB, yakni mengatur daerah-daerah yang akan menerima bantuan. Adapun daerah yang terkena dampak bencana meliputi Donggala, Palu, dan Sigi.

"BNPB kan membuat suatu pool dana. Jadi mereka yang akan menentukan untuk daerah-daerah yang memang memiliki prioritas tinggi," tambahnya.

Pagi ini, setelah memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Sri Mulyani juga menyempatkan diri rapat bersama jajarannya membahas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi bencana Sulawesi Tengah.

"Kita juga fokus hari ini lebih kepada suasana bencana yang terjadi di Palu dan Donggala, dan tadi kita juga rapat sebentar sesudah upacara untuk menentukan langkah-langkah," jelasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel