Sudah 80%, Tol Gempol-Pasuruan akan Beroperasi Desember 2018


Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 sepanjang 12,2 kilometer (Km) rencananya akan dioperasikan pada akhir Desember 2018. Pengerjaan konstruksi jalur tol yang membentang dari Kelurahan Bukir di Kota Pasuruan hingga Grati di Kabupaten Pasuruan ini dikebut demi mengejar target.

"Kami sudah terima surat dari BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), seksi 3 akan dioperasikan pada minggu ke-empat Desember. Karena itu kami kerjakan siang malam agar segera rampung. Seksi 3A yang kami kerjakan sepanjang 4,5 Km progresnya sudah 80 persen," kata Veri Santoso Humas PT Wijaya Karya (Wika), pelaksana proyek Tol Gempol-Pasuruan seksi 3A, Rabu (17/10/2018).

Veri mengatakan, pengerjaan seksi 3A seharusnya sudah rampung jika tak terkendala perubahan desain.

"Dari 4,5 Km semuanya sudah di-rigid beton. Tinggal 1,3 Km di Kelurahan Tembokrejo hingga Sekargadung yang belum. Itu karena perubahan desain," terangnya.

Menurut Veri, di lokasi tersebut jalan tol awalnya didesain melintas di bawah dan dibangun jembatan overpass untuk orang dan kendaraan di dalam kota. Namun karena adanya keberatan dari Pemkot Pasuruan, pihak PUPR memerintahkan desain diubah.

"Desain diubah, jalan tol yang akhirnya melintas di atas jalan umum sedangkan jalur jalan orang dan kendaraan tetap di bawah sehingga harus dibangun satu jembatan di Jalan KH Masyur, boks underpass di Jalan Rajawali dan boks underpass di Sekargadung," terang Veri.

Konsekuensinya pelaksana proyek juga menguruk tanah setinggi 5-8 meter sepanjang 1,3 Km untuk menghubungkan 2 underpass dan 1 jembatan tersebut. Sebanyak 2749 tiang pancang juga dipasang untuk memperkuat konstruksi.

"Meski demikian kami optimistis bisa rampung sebelum sebelum jadwal pengoperasian," tandasnya.

Pantauan detikcom pengerjaan konstruksi di lokasi tersebut terus dilakukan tanpa henti. Pekerja dan alat berat terus beraktivitas siang dan malam.

Sementara di ruas selain lokasi perubahan desain, jalan tol sudah di-rigid beton dan siap dilintasi. Namun pembatas, lampu dan rambu jalan masih dalam proses pemasangan. Batas antara tol dan lahan warga juga belum terpasang.

Pengerjaan seksi 3 Tol Gempol-Pasuruan sendiri dibagi dalam 3 termin, yakni termin A, B dan C. Ketiganya dikerjakan oleh kontraktor yang berbeda. Seksi 3A mulai Bukir-Karangpandan dikerjakan PT Wijaya Karya, seksi 3B mulai Karangpandan-Ngopak dikerjakan PT Pembangunan Perumahan (PP) dan seksi 3C mulai Ngopak-Grati dikerjakan PT Adi Karya.

Tol Gempol-Pasuruan seksi 3 merupakan bagian dari tol Gempol-Pasuruan, dengan panjang total 34,15 Km. Seksi I dari Gempol Junction-Rembang sepanjang 13,9 Km beroperasi sejak tahun 2017. Seksi II mulai Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 Km beroperasi Juni 2018. Sedangkan Seksi III mulai Kota Pasuruan-Grati rencananya dioperasikan akhir Desember 2018. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel