Tol Batang-Semarang Ditarget Operasi Desember 2018

Foto: Dok. Waskita Karya

Jasa Marga berupaya mempercepat pengerjaan jalan tol ruas Semarang-Batang. Tol tersebut ditarget akan diresmikan akhir Desember tahun ini, namun hingga kini pembebasan lahan belum rampung.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani melakukan pemantauan proses pengerjaan tol sepanjang 75 kilometer itu. Menurutnya pekerjaan sudah berproses hingga 93%, namun pembebasan lahan tetap menjadi kendala.

"Kita terus kejar pengerjaan fisiknya. Untuk kendala memang pembebasan tanah karena kalau belum bebas tidak bisa dikerjakan," kata Desi di Kali Kutho, Rabu (17/10/2018).

Pembebasan lahan ruas tersebut seharusnya rampung bulan September namun kini mundur dan ditarget pembebasan lahan tuntas akhir bulan ini. Di ruas itu juga ada tambahan lahan dengan total 67 hektar.

Mayoritas lahan yang belum dibebaskan berada di Kota Semarang contohnya lahan tambahan di Simpang susun Krapyak. Ada juga pesantren yang belum dipindahkan.

"Tanggal 20 dipastikan (pesantren) sudah pindah dan dibongkar," ujarnya.

Jika sesuai rencana, ruas tol Semarang-Batang akan beroperasi akhir Desember 2018 setelah dilakukan uji kelayakan operasi pada tanggal 1 hingga 20 Desember 2018.

"Setelah 20 Desember bisa diresmikan," ujarnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel