Cerita Sri Mulyani Belajar Mengelola APBN dari Menkeu Australia


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan ke Australia. Saat di Canberra, dia mengenang saat-saat belajar mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dia menuturkan, saat baru pertama kali menjadi Menkeu, dia mengajak beberapa pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke Australia untuk belajar bagaimana mengelola keuangan negara dengan baik dan transparan.

"Kami belajar dari sisi proses bisnis, organisasi dan tata kelolanya agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku di dunia," kata Menkeu di KBRI Canberra, dikutip dari laman Instagram pribadinya @smindrawati, Minggu (4/11/2018).

Dia mengatakan, studi tersebut dilakukan karena Indonesia baru saja mengesahkan Undang-Undang (UU) Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara. Aturan tersebut menjadi dasar bagi penyusunan APBN hingga saat ini.

"Saya tidak malu untuk belajar dari negara lain yang sudah maju. Kita bisa belajar banyak dari negara lain yang sudah berpengalaman. Saat itu saya banyak bertanya pada Menteri Keuangan Australia Peter Costello," katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap hubungan Indonesia dan Australia sebagai negara tetangga akan semakin erat ke depan. Apalagi, saat ini kedua negara hidup di kawasan yang aman dan damai secara geopolitik.

"Kita tidak bisa memilih negara mana yang menjadi tetangga kita, tapi kita bisa memilih untuk saling meningkatkan hubungan dengan baik sehingga memberikan keuntungan bagi kedua negara," ucapnya. [inews.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel