Ikuti Gerakan Silat Banten, Jokowi: Saya Bangga Bela Diri Asli RI

Foto: detikcom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti gerakan silat Banten yang ditampilkan oleh anak-anak pendekar silat Banten. Jokowi mengaku senang dengan silat karena seni bela diri asli Indonesia.

Gerakan silat tersebut ditunjukkan Jokowi saat menghadiri deklarasi Keluarga Besar Tubagus Chasan Scohib di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu (3/11/2018). Saat itu, acara dibuka dengan penampilan gerakan seni beladiri silat Banten 'Lutung Kasarung'.

Jokowi yang mengenakan pakaian khas pendekar silat itu tampak antusias melihat aksi yang ditampilkan. Pergelangan tangan Jokowi tampak mengikuti gerakan silat yang ditampilkan.

Dia juga sempat membalas salam para pendekar cilik itu dengan menangkupkan kedua tangannya. Jokowi juga melempar semyum ke arah pendekar anak-anak itu.

Dalam acara itu, Jokowi juga ditunjukkan dengan aksi silat dan debus khas Banten. Ada dua pendekar, satu perempuan dan satu laki-laki.

Saat gendang ditabuh, pendekar perempuan menunjukkan aksinya. Sementara yang laki-laki tampak membawa sebuah kelapa yang masih utuh.

Kelapa itu sempat diberikan sejenak ke Jokowi untuk dipegang, lantas diambil lagi. Aksi pendekar laki-laki itu pun dimulai.

Pendekar silat itu lantas menguliti kelapa itu dengan giginya. Sedikit demi sedikit kulit kelapa terlepas dari batoknya. Lantas batok kelapa dipecahnya dan terdapat selembar kertas bertuliskan 'Dukungan Keluarga Besar Prof Dr H Chasan Sochib (alm) untuk kemenangan capres/cawapres H Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di Banten. 1 Kali lagi. Satukan Indonesia'.

Usai acara, Jokowi mengaku senang sempat meniru gerakan silat. Dia juga bangga pertunjukan silat ditampilkan di dalam acara.

"Kita tahu pencak silat adalah olahraga bela diri asli Indonesia. Dan salah satu yang punya kekuatan pencak silat ya di Banten. Saya bangga pencak silat ditampilkan di berbagai acara. Di Asian Games kita dapat banyak emas dari pencak silat,"kata Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel