Jokowi Bagikan 6.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Tangerang

Foto: Okezone

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyerahkan 6.000 sertifikat tanah untuk warga Tangerang, Banten. Pembagian sertifikat itu dilakukan di Lapangan Alam Sutra, Tangerang Selatan, Minggu 4 November 2018.

Kepala Negara tiba di lokasi kegiatan sekira pukul 16.00 WIB. Ia menggenakan baju berwarna putih saat menghadiri acara tersebut.

"Karena dari 126 juta bidang yang harusnya bersertifikat, baru ada 46 juta. Itu berarti masih kurang 80 juta bidang tanah yang harus disertifikat oleh pemerintah. Setiap tahun saya cek, kita hanya keluar sertifikat 500 ribu, masih kurang 80 juta, berarti menunggu 100 tahun," kata Jokowi, Minggu (4/11/2018).

Itu sebabnya, lanjut dia, pemerintah menargetkan penerbitan 5 juta sertifikat tanah pada 2017, 7 juta sertifikat pada 2018, dan 9 juta sertifikat tanah pada 2019.

"Caranya gimana, Pak? Caranya Pak Menteri harus mikir, pokoknya keluar 5 juta. Mau kerja pagi sampai tengah malam; Sabtu–Minggu, silakan. Alhamdulillah bisa. Tahun depan 7 juta. Caranya? Saya yakini bisa. Tahun depan 9 juta. Kita harus dikejar diberi target, nyatanya harus bisa," ucap Jokowi.

Ia mengingatkan, setifikat tanah yang diberikan secara gratis ini harus dapat dijaga oleh pemiliknya dengan baik. Tak lupa, Jokowi menyarankan agar sertifikat tanah tersebut difotokopi untuk menjaga apabila sertifikat aslinya hilang.

"Kemudian kalau sudah pegang sertifikat, banyak yang ingin 'disekolahkan'. Betul? Ya enggak apa-apa, wajar. Tapi kalau mau dipakai agunan, jaminan ke bank, tolong dihitung, dikalkulasikan, bisa mencicil enggak setiap bulan. Kalau tidak, sebaiknya jangan," jelas Jokowi. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel