Menhub Targetkan Kereta Bandara Solo Selesai Mei 2019


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan seluruh proyek kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo Solo rampung Mei 2019. Saat ini proyek masi 30%.

Hal tersebut disampaikan Budi Karya usai meninjau stasiun KA di sisi barat Bandara Adi Soemarmo, Sabtu (10/11/2018). Khusus untuk stasiunnya, dia menyebut sudah rampung.

"Stasiunnya sudah selesai. Kita tinggal menyelesaikan pekerjaan rel," kata Budi Karya.

Dia mengatakan masih ada kendala terkait masalah pembebasan lahan. Namun saat ini masalah itu sudah dalam tahap penyelesaian.

"Memang ada masalah tanah sedikit tapi sudah dalam proses, kita harapkan bulan empat atau lima selesai," ujarnya.

Dengan adanya jalur KA yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo, dia berharap kedua lokasi bisa ditempuh hanya dalam 20 menit. Adapun jarak keduanya ialah sepanjang 13 kilometer (km).

Selain itu, Budi Karya menyebut KA ini nantinya juga akan menghubungkan dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dan Bandara Kulonprogo.

"Dan kita harapkan selain dari Solo, orang dari Madiun, Klaten bisa langsung ke sini. Ini banyak menyelesaikan, tadinya orang mesti berbagai angkutan tapi sekarang satu," kata dia.

"Ini berhubungan dengan Bandara Yogyakarta yang sekarang dan Bandara Kulonprogo. Jadi tiga bandara jadi satu," pungkasnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel