Menteri Agus Pantau Langsung Ujian CPNS Kemensos





Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita memantau pelaksanaan Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sosial RI di Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Ciracas, Jakarta Timur, Kamis, (1/11/2018).

Kehadiran Menteri, sempat mencuri perhatian calon peserta ujian yang tengah melakukan proses registrasi sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Saat Menteri menghampiri deretan peserta yang tengan melakukan registrasi di halaman samping kantor BKN, peserta tes yang berkemeja putih dan bawahan hitam itu tampak antusias dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

Ada yang minta didoakan lulus, ada yang ingin berfoto, ada pula yang antusias bercerita bahwa mereka datang dari luar Jakarta.

“Pak Menteri mohon doakan saya ya, Pak. Semoga lulus tes,” tutur peserta seleksi CPNS dari Depok, Aulia seraya tersenyum dan menjabat tangan Menteri.

Kepada para peserta seleksi CPNS, Mensos mengatakan pemerintah telah menerapkan sistem seleksi yang objektif, transparan, dan bebas KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme) melalui sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Melalui proses seleksi yang ini saya berharap kelak akan tercipta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mampu bersaing dan bekerja secara profesional dan penuh keikhlasan serta mengutamakan totalitas dalam bekerja menghadapi tantangan di era digitalisasi dan era industri 4.0,” tuturnya.

Perlu diketahui, Pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian Sosial merupakan salah satu mandat dari pelaksanaan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Jumlah Formasi CPNS Kementerian Sosial 2018 sebanyak 210 formasi. Jumlah Pemilih Instansi Kementerian Sosial 22.587 orang. Jumlah Pelamar Kementerian Sosial yang mengunggah dokumen 19.863 orang, Lulus Seleksi Administrasi 10.918 orang dan Tidak Lulus Seleksi Administrasi 8.945 orang.

Dari jumlah yang lulus seleksi, yakni 10.918 orang mengikuti tes CPNS di 12 lokasi. Lokasi tes adalah DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Bali, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua.

Untuk tes CPNS Kementerian Sosial di Kantor Regional V BKN, Jakarta, berlangsung mulai berlangsung mulai 29 Oktober hingga 4 November 2018.

Salah satu peserta ujian CPNS Annisa dari Cakung mengatakan ia telah mantap memilih formasi jabatan Penyusun Laporan Keuangan karena sesuai dengan kualifikasi pendidikannya yakni Sarjana Ekonomi. Hanya saja, ia terkejut karena belakangan ia baru mengetahui jumlah pelamar sangat banyak yakni lebih dari 2.000 orang.

“Sementara formasi jabatan untuk Penyusun Laporan Keuangan hanya 25 orang sehingga saya harus berjuang keras dan fokus dalam belajar agar lolos seleksi,” kata perempuan berjilbab putih ini. [liputan6.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel