Pembangunan Tol Salatiga-Kartasura Selesai Akhir November

Foto: SINDOnews

Pembangunan jalan tol Salatiga-Kartasura, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada akhir November dan akan dioperasionalkan untuk umum sebelum minggu ketiga Desember 2018. Selama operasional hingga akhir Desember, pengguna jalan bebas hambatan sepanjang 32 kilometer tol di ruas tersebut tidak akan dikenai tarif alias gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, secara teknis, sejauh ini pembangunan jalan tol Salatiga-Kartasura tidak mengalami kendala. Pekerjaan konstruksi, termasuk jembatan Kali Kenteng yang berada di wilayah Desa Koripan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang bisa selesai akhir November.

"Pembangunan jembatan Kali Kenteng tinggal pengecoran sepanjang 120 meter. Pengecoran akan dimulai besok Sabtu 3 November 2018). Setelah 28 hari terhitung dari pengecoran selesai, jembatan Kali Kenteng bisa dilewati kendaraan bermotor. Ya, mulai 10 Desember 2018 sudah bisa dilalui untuk kendaraan kecil," kata Basuki Hadimuljono kepada awak media saat meninjau pembangunan jembatan Kali Kenteng, Rabu (31/10/2018). 

Dia menambahkan, sebelumnya ruas tol Salatiga-kartasura akan dilakukan uji beban dan kelaikan jalan. Setelah itu, jalan tol akan dibuka untuk umum. "Mudah-mudahan pada arus mudik Natal dan tahun baru nanti tol Salatiga-Kartasura sudah bisa dioperasionalkan. Sampai akhir Desember akan digratiskan, pengguna jalan tol akan dikenai tarif sesuai ketentuan mulai Januari 2019," ujarnya.

Disinggung mengenai desain jembatan Kali Kenteng, Menteri PUPR menyatakan, jembatan tersebut konstruksinya didesain dengan kekuatan 100 tahun dan tahan gempa siklus 1.000 tahun. "Jembatan Kali Kenteng di desain sesuai SNI (standar nasional Indonesia) terbaru. Kekuatannya 100 tahun dan tahan gempa siklus 1.000 tahun," jelasnya. [sindonews.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel