Resmikan Kawasan Telkom Hub, Jokowi Jajal VR Wisata Raja Ampat

Foto: detikcom

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan The Telkom Hub. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat menjajal teknologi virtual reality(VR) wisata Raja Ampat.

Peresmian tersebut berlangsung di Kawasan Perkantoran Telkomgrup, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (1/11/2018). Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan perubahan dunia saat ini begitu cepat sekali. Dulunya, kata Jokowi, 10 perusahaan terbesar di dunia selalu didominasi perusahaan migas. Kini hal itu sudah berubah.

"Sekarang lihat 2017, susunannya berubah total. Jungkir balik. Ini harus kita amati, cermati," kata Jokowi.

"Sekarang kalau lihat daftar perusahaan 10 terbesar dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, lihat menit, hari, tahun ada lima di bidang teknologi. Hati-hati," ucapnya.

Usai memberikan kata sambutan, Jokowi masuk ke dalam gedung. Dia menuju lantai 38 yakni ruangan Jakarta Digital Valley (Jakdiva).

Direktur Bidang Digital and Strategic Portfolio Telkom David Bangun mengatakan bahwa Jakdiva adalah pusat digital creativity, atau tempat tahap akhir pengembangan startup di Indonesia.

Dalam tinjauannya di ruangan tersebut, Jokowi melihat aktivitas para pegiat startup. Jokowi juga menjajal teknologi virtual reality (VR) yang menampilkan visualisasi wisata di Raja Ampat. Usai mengenakan kacamata VR, Jokowi pun terhubung dengan visualisasi keindahan alam Raja Ampat.

"Jadi ini VR menampilkan wisata, Pak. Jadi seolah-olah kita sedang berada di lokasi wisata tersebut," kata salah seorang staf menjelaskan kepada Jokowi

Tak hanya itu, Jokowi juga mendapat penjelasan soal teknologi inteligent video analytic bernama Nodeflux. Ini merupakan teknologi yang bisa mendeteksi wajah dan langsung terhubung dengan bank data.

Jokowi juga sempat meninjau sejenak ruang Digital Innovation Lounge (Dilo). Di mana sedang berlangsung kelas untuk para startup yang terhubung secara online dengan beberapa lounge di Indonesia.

Sebelum pulang, Jokowi menyempatkan diri bertemu dengan paa millenials BUMN. Ada lebih seribu anak muda berkumpul untuk bisa berinteraksi langsung dengan Jokowi. Jokowi juga sempat berfoto bersama dengan para anak muda tersebut. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel