Singgung Sandiaga, Timses Sebut Jokowi Blusukan ke Pasar Sebelum Jadi Presiden


Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menanggapi pernyataan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang mengapresiasi Presiden Joko Widodo lantaran mulai blusukan ke pasar.

Ia mengatakan Jokowi blusukan ke pasar bukan untuk mengimbangi blusukan Sandiaga.

"Pak Jokowi ke pasar-pasar bukan karena mengikuti apa yang dilakukan Sandiago Uno ya. Jauh sebelum Sandiaga ke pasar-pasar, Pak Jokowi sering blusukan, baik sebelum menjadi Presiden maupun pada saat menjadi Presiden," kata Ace melalui pesan singkat,

Ia menambahkan, Jokowi mengunjungi pasar untuk mengecek stabilitas harga kebutuhan dasar, bukan untuk kampanye.

Ace menilai justru kedatangan Sandiaga ke pasar malah membuat orang malas belanja di pasar tradisional. Sebab, setiap datang ke pasar, Sandiaga selalu mengatakan harga pangan naik. Padahal, kata Ace, saat ini inflasi terkendali sehingga harga komoditas pangan pun terkendali.

"Justru karena Pak Sandiga Uno ke pasar-pasar dengan narasi naiknya harga sembako dengan menyebut chicken rice di Jakarta lebih mahal dari Singapura, tempe setipis ATM dan selainnya, membuat masyarakat yang biasa belanja ke pasar tradisional menjadi resah," papar Ace.

"Dengan mengatakan bahwa pasar tradisional harga naik, justru membuat masyarakat tidak lagi berbelanja di pasar tradisional. Ini era post-truth. Apa yang disampaikan bisa menjadi kenyataan," lanjut Ace.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengapresiasi calon presiden 01 yaitu Presiden RI Joko Widodo yang beberapa kali berkunjung ke pasar.

"Saya perlu beri apresiasi ke Pak Presiden yang sudah mulai turun ke pasar tradisional," ujar Sandiaga di kawasan Lebak Bulus, Rabu (7/11/2018).

Sandiaga mengatakan, animo masyarakat untuk ke pasar tradisional kini meningkat. Hal itu berkat kunjungannya dan Jokowi ke pasar-pasar tradisional.

Sandiaga juga mengingatkan dulu Jokowi didukung oleh Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). Dukungan APPSI diberikan ketika Jokowi mau maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI 2012.

Saat ini, Sandiaga adalah ketua APPSI tersebut. Sandiaga mengatakan sebentar lagi dia akan melepas jabatan itu dalam musyawarah nasional karena sibuk. Dia akan mengundang Jokowi untuk datang ke musyawarah nasional itu.

Saya enggak bisa lagi memegang posisi ketum APPSI dan saya akan undang Pak Jokowi hadir di Munas APPSI yang Insya Allah bulan November ini," kata Sandiaga.

Presiden Joko Widodo memang sempat mengunjungi beberapa pasar akhir-akhir ini. Pekan lalu, dia sengaja blusukan ke Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, pada pagi hari. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel