Survei Y-Publica: Jokowi-Ma'ruf ungguli Prabowo-Sandi di 7 Pulau Indonesia

Foto: merdeka.com

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menguasai sejumlah di pulau di Indonesia. Survei Y-Publica menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mengungguli pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Direktur Y-Publica Rudi Hartono memaparkan, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di pulau Jawa mencapai 54,4 persen. Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto -Sandiaga Uno hanya 28,8 persen. Kemudian di pulau Sulawesi, Jokowi Ma'ruf mendapat 56,3 persen. Sementara Prabowo-Sandi hanya 25,5 persen.

"Di Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Kemudian Maluku dan Papua, pasangan Jokowi-Ma'ruf terpaut jauh dari Prabowo-Sandi," katanya saat memaparkan hasil survei di Bakoel Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Dia menambahkan, pasangan Jokowi-Ma'ruf hanya kalah tipis dari Prabowo-Sandi di Pulau Sumatera. Di Pulau Sumatera yang berpenduduk sekitar 50 juta jiwa itu, Prabowo-Sandi mendapat 42,6 persen, sedangkan Jokowi-Ma'ruf sebesar 40,8 persen.

"Jawa dan Sumatera adalah dua pulau dengan populasi terbesar di Indonesia. Dua pulau ini jadi kunci pertarungan elektoral, karena jumlah suara di kedua pulau itu sekitar 78 persen," ucapnya.

Survei Y-Publica tersebut dilakukan pada tanggal 10-20 Oktober 2018. Jumlah sampel sebanyak 1200 responden dengan teknik survei multistage random sampling mewakili 34 provinsi di Indonesia. Margin of Error (MoE) pada survei tersebut adalah 2,98% dengan tingkat kepercayaan 95%. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel