Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Sudah 93 Persen, Diresmikan Bulan Depan

Foto: Antara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket I-IV sepanjang 126,9 kilometer (km) yang dibangun PT Hutama Karya (Persero) dapat diresmikan pada Desember 2018.

Head of Corporate Communications Hutama Karya, Alfa Haga Rachmady, menyampaikan hingga 19 Oktober 2018, progres konstruksi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar paket I-IV yang berada di Provinsi Lampung itu telah mencapai 93,58 persen.

“Progres konstruksi sudah 93,58 persen sampai dengan 19 Oktober 2018,” ujarnya kepada kumparan, Sabtu (3/11).

Dia merinci, ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang akan dioperasikan yakni Paket IB Simpang Susun (SS) Bakauheni-SS Sidomulyo, Paket IIA SS Sidomulyo-SS Lematang, Paket III Branti-Metro, dan Paket IV Gunung Sugih-Terbanggi Besar.

“Sebelumnya Paket IA Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni (8,9 km) dan Paket IIB SS Lematang-Kotabaru dioperasikan lebih dulu,” papar Alfa.

Dia pun membeberkan, pembangunan ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar memakan anggaran sebesar Rp 16,79 triliun. Berdasarkan perhitungannya, volume lalu lintas di tol itu jika sudah beroperasi bisa mencapai 16 ribu kendaraan per hari.

“Masa konsesi (pengelolaan tol itu oleh Hutama Karya) nantinya 40 tahun. Saat ini pengerjaan ruas tol ini masih land clearing, pekerjaan tanah, dan pekerjaan teknis lain,” ucapnya. [kumparan.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel