Egianus Ingin Papua Pisah dari RI, Wiranto: Biarin Aja Ngomong Apa


Menko Polhukam Wiranto menolak mengomentari keinginan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang ingin Papua berpisah dari RI. Wiranto mempersilakan Egianus bicara apapun.

"Ah nggak usah diskusi sama dia, ngapain? Orang kayak gitu kok saya jawab, biarin aja ngomong apa," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Kelompok Egianus Kogoya sebelumnya menembaki para pekerja Trans Papua di Distrik Yigi, Nduga, Papua. Juru bicara kelompok yang menamakan diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) mengatakan alasan penyerangan itu adalah ingin Papua pisah dari Indonesia.

"Jadi di Yigi itu bukan pembantaian, bukan eksekusi mati seperti yang dikatakan TNI-Polri. Itu penyerangan," kata juru bicara TPNPB Sebby Sambom saat dihubungi detikcom, Kamis (6/12/2018).

Mereka juga tidak mau berkompromi terhadap penawaran apapun. Mereka hanya punya satu tuntutan, yakni ingin memisahkan diri dari republik ini.

"Berikan kesempatan untuk kami merdeka sendiri," ucapnya.

Penembakan itu terjadi pada Minggu (2/12). Hingga saat ini, ada 16 jenazah korban meninggal yang berhasil dievakuasi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel