Kapolri: Presiden Jokowi Punya Tekad Kuat Membangun Papua


Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak awal punya komitmen kuat untuk membangun Papua. Namun diakuinya, beratnya medan membuat pembangunan terhadap wilayah di ujung timur Indonesia itu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Memang pembangunan yang agak terlambat karena memang geografi yang sulitlah di daerah pegunungan tengah dan pegunungan tengah bagian barat. Mulai dari Puncak Jaya, Puncak Lani Jaya, Nduga, Yahukimo itu darerah pegunungan tengah. Kalau pegunungan tengah bagian barat itu daerah Waniai, Intan Jaya, Dogiaei, ditambah daerah sekitaran Mimika," terang Tito di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (5/12/2018).

Tito yang pernah menjabat sebagai Kapolda Papua itu tahu betul jika masalah yang dihadapi masyarakat Papua saat ini ialah pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Namun sekali lagi Tito menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak akan menutup mata dan akan terus membangun infrastruktur di Papua.

"Bapak Presiden ini sudah memiliki tekad yang sangat kuat membangun pegunungan tengah ini. Salah satunya dengan cara membuka akses jalan ini Trans Papua yang mungkin dari zaman dulu sulit diwujudkan, tapi ini bisa. Beliau bertekad untuk memerintahkan Menteri PUPR bekerjasama dengan stakeholder lain termasuk TNI membangun Trans Papua," jelasnya.

Ia menambahkan, masyarakat Papua sejatinya mensyukuri hasil pembangunan yang ada saat ini. Tito mengaku optimistis masyarakat Papua dapat bersabar dengan upaya pemerintah memajukan Bumi Cenderawasih, meski diakuinya ada saja gangguan-gangguan dari kelompok bersenjata yang tidak sejalan dengan pemerintah.

"Saya pernah (jadi) Kapolda Papua dua tahun, mereka menunggu pembangunan ini. Ini yang membuka akses pada mereka. Tapi ya kelompok-kelompok ini seringkali mereka enggak sabar, menunjukkan eksistensi dan terus mungkin juga mereka menikmati karena ditakuti, memberikan status sosial bersenjata," papar Tito. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel