Menteri Basuki dan Panglima TNI Akan Terbang ke Wamena Malam Ini


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan segera bertolak ke Wamena, Papua, malam ini guna memantau situasi terkini di lokasi kerja, pasca insiden pembunuhan sejumlah pekerja PT Istaka Karya.

"Nanti malam Insya Allah saya ikut. Beliau (Hadi Tjahjanto) dan saya akan ke Wamena," ujar Basuki di Kantornya, Jakarta, Selasa (4/12).

Dia menjelaskan, pemberangkatan ini merupakan penerbangan susulan dari awak TNI yang sebelumnya telah berangkat terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan lapangan. "Saya sudah bertemu dengan Panglima TNI dan Kapolri. Dia (Hadi Tjahjanto) menyampaikan, TNI sudah kirim pasukan untuk mengecek lapangan," ungkap dia.

Dia berharap, hasil tinjauan nanti dapat berbuah hasil lebih lanjut, yakni dengan mendapat informasi lebih jelas seputar kronologis insiden pembunuhan pekerja Istaka Karya. "Kami masih menunggu laporan yang lebih pasti tentang kejadian dan jumlah korban," pungkasnya.

Sebelumnya, Basuki mengatakan, pembangunan Jalan Trans Papua justru amat ditunggu warga setempat demi memperlancar distribusi logistik ke wilayah Pegunungan Tengah yang selama ini kerap disalurkan lewat jalur udara.

"Sebetulnya, ini sangat ditunggu tunggu warga. Di sepanjang Trans Papua, warga tidak ada yang menolak. Semua warganya sangat menerima," ujar dia saat menggelar sesi konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12).

Adapun insiden pembunuhan 31 pekerja ini terjadi di Segmen V proyek Jalan Trans Papua ruas Wamena-Habema-Kenyam-Mamugu sepanjang 278 km. Di ruas tersebut, pemerintah turut menggandeng dua badan usaha yakni PT Istaka Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero) dalam membangun sebanyak 35 jembatan.

Dia juga turut berbicara seputar kendala yang kerap ditemui dalam proyek pembangunan jalan di daerah pelosok. Menurutnya, pembangunan infrastruktur tidak semata-mata hanya bergantung pada ketersediaan dana. [merdeka.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel