Antasari: Jokowi-Ma'ruf Sama-sama Mumpuni


Eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menyebut calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memahami betul materi debat perdana. Penguasaan Jokowi tentang isu Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, hukum dan terorisme tak perlu diragukan.

Menurut dia, Jokowi merupakan praktisi penyelenggara negara. Begitu pula dengan kualitas calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin.

"Kenapa ragu dengan beliau? (Ma'ruf) Tidak harus di pemerintahan (untuk paham)," kata Antasari di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Januari 2019.

Baik Jokowi maupun Ma'ruf, dianggap punya kapasitas dan pengetahuan mumpuni soal isu debat. Misalnya, mengenai penanganan korupsi yang optimal, ditandai dengan penangkapan banyak koruptor. Antasari berbagi pandangan mengenai isu debat. Misalnya terkait kasus Novel Baswedan yang akan dimainkan kompetitor. Jokowis jelas menegaskan posisinya, tidak melakukan intervensi.

Penanganan kasus itu, kata Antasari, diserahkan ke kepolisian. Adapun terkait lamanya pengungkapan kasus, hal itu sangat tergantung dengan komponen pengusutan, misalnya terkait bukti.

"Masih berjalan dan belum selesai. Saya saja 8 tahun (berproses) kok. Masalah saya sudah selesai?" kata Antasari.

Ia yakin, ke depan kasus itu akan selesai, bersamaan dengan perbaikan di bidang penegakan hukum. Keyakinan tersebut didasari pemahaman Antasari atas pribadi Jokowi.

"Karena gini, beliau itu orang baik. Beliau concern dengan kasus korupsi dan beliau ingin keadilan itu ada," tandasnya. [medcom.id]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel