Jokowi: Doni Monardo Sosok Pemimpin Kuat, Ada PR Besar di Lampung


Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Letjen Doni Monardo, sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jokowi mengatakan ada pekerjaan rumah (PR) yang besar untuk dikerjakan Doni.

Jokowi mengatakan PR tersebut di antaranya yakni rekonstruksi dan rehabilitasi pascabencana di Lombok dan Palu. "Kemudian masih kita ada lagi pekerjaan besar di Lampung," kata Jokowi usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Jokowi mengatakan selain itu masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Doni. "Itu yang saya sampaikan membutuhkan manajemen yang kuat, lapangan yang kuat," katanya.

Apalagi, kata Jokowi, Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh cincin api alias 'ring of fire'. Sehingga dibutuhkan manajemen penanggulangan bencana yang mumpuni.

"Perlu sebuah manajemen yang kuat, membutuhkan sebuah kepemimpinan yang kuat untuk mengkonsolidasi, mengkoordinasi baik pemda, baik di pusat, baik di provinsi, baik TNI, pangdam, kodam, korem, dan kepolisian dalam rangka segera cepat dan respons terhadap bencana yang ada," kata Jokowi.

Jokowi menilai, sosok Doni bisa diandalkan untuk hal tersebut. "Memerlukan leadership, sebuah kepemimpinan yang kuat. Dan saya melihat Pak Letnan Jenderal Doni orangnya," kata Jokowi. [detik.com]

Iklan Atas Artikel