Jokowi-Ma'ruf Kuasai Jatim dengan 55,9 Persen, Prabowo-Sandi 32 Persen


Pasangan Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin masih menguasai Jawa Timur (Jatim). Tingkat keterpilihan pasangan nomor urut 01 ini jauh di atas penantangnya, Parabowo-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasil survei Surabaya Survey Center, tingkat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf berada di angka 55,9 persen suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 32,1 persen suara. Sisanya sebanyak 12 persen sisanya merupakan undecided voters.

Selain tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kerja petahana, tingginya elektabilitas ini juga tak lepas dari banyaknya pemilih NU di Jatim. Mayoritas mereka lebih memilih Jokowi-Ma’ruf ketimbang Prabowo-Sandi.

“Jadi kalau pilpres dilaksanakan hari ini, pasangan nomor 01 dipastikan menang di Jatim,” kata Direktur SSC Mochtar W Utomo, Kamis (10/1/2019).

Meski begitu, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Pasalnya jumlah undecided voters masih cukup tinggi, mencapai 12 persen. Margin of error sebanyak 3 persen. “Apalagi Pemilu masih di bulan April, maka semuanya masih sangat mungkin terjadi,” ujarnya.

Mochtar mengatakan, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno masih mungkin mengejar ketertinggalan yang ada pada data saat ini. Meskipun tidak bisa dipungkiri pula saat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh.

Survey SSC ini dilaksanakan pada 10-20 Desember 2018 di 38 kabupaten/kota di Jatim. Riset yang dilakukan menggunakan 1070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [inews.id]

Iklan Atas Artikel