Makna di Balik Potongan Tumpeng Megawati untuk Jokowi - Ma'ruf Amin


Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merayakan hari jadi ke-46 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019). Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, hingga cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin turut hadir dalam acara tersebut.

Setelah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi memberikan kata sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Pemotongan tumpeng merupakan acara puncak dari perayaan HUT ke-46 PDIP.

Sambil tersenyum, Megawati pun memberikan potongan tumpeng pertamanya kepada Jokowi. Presiden ke-5 RI itu juga menyerahkan nasi tumpeng beserta lauknya. Jokowi pun menerima nasi tumpeng pemberian Megawati.

"Ya diserahkan kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo. Insyaallah akan terpilih lagi menjadi Presiden RI pada Pemilu 2019," kata Rieke Diah Pitaloka selaku pembawa acara.

Kemudian, Megawati menyerahkan potongan tumpeng kedua dan ketiga kepada Jusuf Kalla serta Ma'ruf Amin.

"Tumpeng ketiga untuk Bapak KH Ma'ruf Amin. Yang Insyaallah juga akan terpilih karena satu paket. Ini akan terpilih sebagai Wakil Presiden RI ke-12," ucap Rieke.

Jokowi berpasangan dengan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Mereka berhadapan dengan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi Puji Megawati

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memuji Ketua Umum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Dia menyebut, Megawati adalah figur yang memiliki ideologi politik sangat kuat.

"PDI Perjuangan bersyukur memiliki ibu Megawati figur yang berkeyakinan politik sangat kuat, berkeyakinan Pancasila sangat sangat sangat kuat," kata Jokowi saat memberikan pidato di peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan di Hall C3 Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Menurut Jokowi, Megawati telah dan terus menginspirasi kader PDIP. Putri Presiden pertama RI Soekarno itu juga disebut menginspirasi generasi bangsa Indonesia.

"Pikiran, ucapan, dan tindakan beliau selalu begitu membekas dalam diri kita semuanya," ucap dia.

Megawati, lanjut Jokowi, memiliki keberanian dan ketulusan. Megawati juga selalu konsisten dalam bertindak.

"Konsistensinya selalu menjadi teladan bagi kita semuanya kader PDI Perjuangan," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja di antaranya, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Kemudian Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AANG Puspayoga, Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.[liputan6.com]

Iklan Atas Artikel