Momen Jokowi Ajak Anies Borong Kerupuk dan Gorengan di Tambora


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke kawasan Tambora, Jakarta Barat. Dalam kunjungannya itu, Jokowi mengajak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memborong dagangan warga.

Momen itu terjadi saat Jokowi yang didampingi Anies meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Pemodalan Nasional Madani (PNM) di Lapangan Bola Persima, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Rabu (9/1/2019). Di tengah lapangan tersebut terdapat tenda terpal, sementara sekelilingnya lapangan becek dan sebagian banyak genangan.

Dalam peninjauannya itu, Jokowi mengimbau agar bantuan modal Rp 2.000.000 yang diberikan ke warga bisa dimanfaatkan untuk modal usaha dengan baik.

"Saya sebelumnya sudah lihat program Mekaar kita ini di Bogor. Saya tanyakan juga satu persatu bisa nyicil dan ngangsur nggak? Saya lihat ada 3 warung di situ juga. Pagi ini saya mau tanya ke ibu-ibu semuanya, karena di seluruh Indonesia ada 4 juta 57 ribu, penerima program Mekaar. Ini usaha super mikro yang dibantu oleh pemerintah di setiap provinsi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dengan adanya program Mekaar ini, diharapkan bisa membantu usaha yang dijalani warga. "Jangan sudah dibantu usahanya tetap saja. Kan sudah dibantu Rp 2-3 juta, kalau usaha nasi uduk dibantu Rp 2 juta tambah jualan gorengan, tambah bakso lagi," katanya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi berdialog dengan warga yang mendapat modal dan menjalani usaha. Usai dialog, Jokowi juga sempat meninnau langsung beberapa lapak yang dijajakan di ppinggir tenda.

Lapak tersebut menjual berbagai jenis dagangan, di antaranya dagangan makanan masakan, gorengan hingga kerupuk dan minuman. Jokowi pun memborong dagangan warga itu.

Jokowi membeli beberapa bungkus kerupuk. Dia juga memborong beberapa kantong plastik gorengan yang dijajakan. Melihat Anies yang juga meninjau lapak warga itu, Jokowi mengajak untuk memborong.

"Borong gorengan Pak Gub," kata Jokowi.

"Iya Pak," kata Anies yang lalu mendekat ke lapak gorengan.

Tak lama kemudian, Jokowi dan Anies meninggalkan lokasi tersebut. Jokowi dan Anies tampak berhati-hati saat melangkah, karena jalan yang dilewati becek dan licin.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi juga sempat dipanggil warga untuk bersalaman dan foto bersama. Jokowi meladeni permintaan warga itu. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel