Segudang Prestasi Jokowi Akan Bawa Keuntungan Dalam Debat Capres 2019


Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syawri Chaniago memprediksi dalam debat capres perdana, capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin akan diuntungkan. Karena, paslon incumbent itu memiliki "monumen prasasti keberhasilan".

"Incumbent selalu diuntungkan, karena sudah punya monumen prasasti keberhasilan seperti pembangunan infrastruktur, program ekonomi kerakyatan," katanya kepada Okezone, Senin (14/1/2019).

Beda dengan paslon capres-cawapres nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Pangi memperkirakan Prabowo dan Sandiaga akan mudah dibantah karena gagasannya masih dalam wacana.

"Sementara sang penantang punya kelemahan, karena baru menawarkan gagasan dan imaginasi, baru akan ini dan seterusnya. Jadi akan mudah dibantah," tegasnya.

Dalam dalam debat capres kali ini, Prabowo-Sandi akan memainkan kegelisahan dan ketakutan masyarakat selama ini. Manajemen emosional ini yang akan digoreng sang penantang untuk menyerang petahana.

"Salah satunya adalah kenaikan tiket pesawat domestik yang kenaikannya dua kali lipat, jelas kebijakan tersebut merusak citra Jokowi. Kegelisahan ini barangkali akan direspon Prabowo, kegelisahan ini ditangkap dengan harapan baru," tuturnya.

Oleh sebab itu. Jokowi harus mampu menjelaskan semua prasasti dan monumen keberhasilannya dengan didukung data yang kuat. Disampaikan secara terstruktur, terukur dan teratur.

"Jokowi sebagai petahana, akan mensosialisasikan apa yang menjadi keberhasilan dan capaian petahana, sebab Prabowo dalam debat akan memainkan emosional dan kegelisahan publik selama ini. Prabowo enggak akan bisa berhadap-hadapan dan lemah soal adu program," katanya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...