Daftar Tol yang Akan Diresmikan di Sisa Pemerintahan Jokowi-JK


Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tengah mengejar beberapa proyek infrastruktur di sisa masa jabatannya. Khususnya penyelesaian jalan tol yang merupakan program prioritas pemerintah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pada tahun ini ada beberapa ruas tol yang harus segera diselesaikan pada tahun ini. Namun penyelesaian tersebut bukan karena kepentingan politik namun semata-mata untuk menyelesaikan tugas sebelum masa pemerintahan habis.

Salah satu contohnya adalah ruas tol Pasuruan-Banyuwangi. Ruas tol yang bagian dari jalan tol Pasuruan-Probolinggo ini siap dioperasikan karena saat ini sedang dalam tahap uji kelaikan fungsi.

Apalagi ruas tol sepanjang 31,3 kilometer ini sendiri telah dibuka secara fungsional. Pembukaan ruas tol secara fungsional ini dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Iya tadi Pasuruan-Banyuwangi. Sudah, sudah selesai tinggal perlu diresmikan. Saya kira kemarin kan sudah yang fungsional," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Selain itu lanjut Basuki, ruas tol yang akan diresmikan selanjutnya adalah Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi (Bocimi). Sebelumnya ruas tol Bocimi. Sebelumnya Presiden Joko Widodo sendiri telah meremikan ruas tol Ciawi - Cigombong sepanjan 15,3 kilometer (km)

"Kemudian Bocimi juga kita akan teruskan itu harus selesai," ucapnya.

Selanjutnya lanjut Basuki, jalan tol Bakauheni - Terbanggi Besar juga akan diselesaikan pada tahun ini. Bahkan ruas tol ini akan diresmikan pada Februari 2019 ini.

"Yang Bakauheni-Terbanggi Besar sudah selesai. Mudah mudahan bulan ini bisa diresmikan," ucapnya.

Dan yang terakhir adalah ruas tol Terbanggi Besar - Kayu Agung - Palembang. Ruas tol ini rencananya akan rampung dan diresmikan pada Juni 2019.

"Kemudian Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang, itu harus selesai, jadwalnya sih Juni sudah selesai," katanya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel