Jokowi Bongkar Propaganda Rusia, TKN: Agar Masyarakat Tak Tertipu


Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menilai langkah calon presiden Jokowi membongkar adanya propaganda Rusia yang dilakukan lawan politiknya merupakan cara yang brilian. Alhasil, masyarakat tak akan tertipu oleh strategi politik dari kubu sebelah.

"Dengan membongkar strategi propaganda ini, Pak Jokowi mengingatkan rakyat agar tidak tertipu oleh model propaganda seperti itu," kata juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily kepada Okezone, Senin (4/2/2019).

Ace menyebut, bila terus dibiarkan maka akan mengancam ketentraman hidup bermasyarakat. Sebab, diperkirakan itu bakal memecah belah dan mengadu domba rakyat.

"Sangat besar ongkos yang dipertaruhkan jika elite politik untuk kepentingan pragmatisme politik menghalalkan segala cara demi mencapai kemenanngan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dihadapan Forum Alumni Jawa Timur, Jokowi mengatakan bahwa cara berpolitik harus dilakukan dengan penuh etika dan tata krama, bukan seperti sekarang ini terdapat timses yang menggunakan propaganda Rusia.

"Cara berpolitik yang penuh etika, dan tata krama, penuh keadaban, sopan dan santun. Problemnya adalah timses yang menyiapkan propaganda Rusia yang setiap saat mengeluarkan semburan fitnah dan hoaks," ujar Jokowi saat menghadiri deklarasi Forum Alumni Jatim di Tugu Pahlawan, Surabaya, Sabtu 2 Februari 2019.

Sekadar diketahui, propaganda yang dimaksud adalah teknik Firehose of Falsehood yang digunakan Donald Trump. Teknik itu biasanya untuk menarik perhatian masyarakat dengan menyebarkan hoaks, ketakutan, hingga pemberitaan-pemberitaan yang remeh. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel