Jokowi-Ma'ruf Unggul Telak di Pemilih Wong Cilik dan Emak-Emak


Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, unggul telak di pemilih dengan katagori wong cilik dan emak-emak.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei terbarunya, Kamis (7/2/2019), yang menyatakan bahwa Jokowi-Ma'ruf memperoleh dukungan sebesar 58.4%. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan sebesar 24.7%.

"Selisih elektabilitas kedua pasangan calon mencapai di atas 30% di pemilih wong cilik. Namun masih terdapat 16.9% pemilih wong cilik yang belum menentukan pilihan," kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabi di Kantor LSI Denny JA, Jakarta.

Adjie memaparkan, mereka yang dikategorikan sebagai pemilih wong cilik adalah mereka yang memiliki pendapatan rumah tangga per bulan hanya di bawah Rp2 juta.

"Survei menunjukkan bahwa sebesar 50.3% pemilih masuk kategori ini. Data Januari 2019 menunjukkan bahwa, Jokowi-Ma'ruf unggul telak di segmen pemilih ini," paparnya.

Sementara di kantong pemilih emak-emak atau perempuan, pasangan Jokowi-Ma'ruf juga unggul telak dibanding pasangan Prabowo-Sandi. Adjie melanjutkan, dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf di pemilih emak-emak mencapai 57.0%. Sementara dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandi di pemilih emak-emak sebesar 27.8%.

"Selisih elektabilitas kedua pasangan calon di pemilih emak-emak mencapai 30%. Ada sebesar 15.2% pemilih emak-emak yang belum menentukan pilihan," tandasnya.

Survei dilakukan pada tanggal 18-25 Januari 2019, dengan menggunakan 1200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel