Loading...

Menhub Siapkan 100 Kapal untuk Program Tol Laut Tahun Ini


Tahun ini Kementerian Perhubungan akan membagikan 100 kapal untuk lebih menggairahkan Tol Laut. Total 100 kapal tersebut akan dibagi dua yakni untuk BUMN dan swasta.

Rencana ini terungkap dalam seminar tentang tol laut bertajuk Melanjutkan Konektivitas, Membuka Jalur Logistik dan Menekan Disparitas Harga. Semina itu digelar di Kapal KM Dorolonda, Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan keberhasilan Tol Laut yang sudah berjalan selama empat tahun. Menurutnya, bertambahnya jumlah armada menjadi salah satu indikator keberhasilan tersebut.

Bahkan tahun ini Kementerian Perhubungan akan membagikan 100 kapal. "50 unit kapal untuk BUMN dan 50 unit kapal untuk swasta," kata Budi, Senin (4/2/2019).

Budi berharap, bertambahnya armada akan berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi terutama di Indonesia Timur. Ia juga menjelaskan jika pengadaan 100 kapal tersebut menggunakan anggaran negara.

"Itu semua adalah anggaran negara yang diberikan kepada korporasi dan nantinya akan ada subsidi yang efisien bagi masyarakat," tambah Budi.

Surabaya dipilih bukan tanpa alasan. Menurut Budi, itu karena hampir 90% angkutan laut dari Jawa Timur.

"Surabaya dipilih, karena hampir 90 persen angkutan laut dari Jawa Timur. Kenapa tidak dari Jakarta ke Surabaya, jadi kalau langsung ke Merauke bisa memakan waktu 2 minggu," ujar Budi.

Dalam seminar tersebut juga terjadi acara serah terima operasional Kapal Sabuk Nusantara 92 dan Kapal Kendhaga Nusantara 3 kepada PT Pelni. Kedua kapal tersebut akan digunakan untuk armada Tol Laut. [detik.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel