Visi Misi Jokowi Lebih Jelas Ketimbang Prabowo


Calon presiden nomor Joko Widodo dinilai lebih menguasai tema debat kedua yang mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup. Hal itu bisa terlihat dari visi dan misi yang dilaporkan ke KPU RI.

"Jokowi-Amin dalam visi misinya menerangkan energi. Kata energi diulang sebanyak 27 kali, pangan 16 kali, SDA 12 kali dan infrastruktur 26 kali. Sedangkan Prabowo- Sandi hanya fokus pangan yang mengulang kata itu 14 kali sedangkan energi 5 kali, SDA 1 kali dan infrastruktur 6 kali," kata Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini pada diskusi bertajuk prioritas sektor energi dan tata kelola SDA, di Jakarta, Rabu, 13 Februari 2019.

Menurut dia, Jokowi memiliki bahan paparan lebih luas karena sangat lantang diuraikan dalam visi misinya. Sedangkan Prabowo hanya menekankan pada pangan, sisanya tidak terlalu dijelaskan.

Titi meminta para kandiat fokus mengutarakan gagasan, program turunan dari visi dan misi. Dengan begitu, debat dapat berlangsung pada uraian substansi serta menjadi ajang edukasi bagi masyarakat.

"Tantangannya, bagaimana mereka mampu membuat benang merah dari lima tema debat tersebut dan menjelaskan dengan bahasa yang dapat dipahami masyarakat," ungkapnya.

Menurut Titi, debat antar calon presiden nanti harus lebih baik dibandingkan debat sebelumnya. Capres harus mengutarakan substansi tema dan konsep yang ditawarkan supaya tidak terjebak dalam isu persoalan permukaan juga populis.

"Dibutuhkan komitmen kandidat menjadikan debat arena edukasi pemilih, bukan menina bobokan dan hanya berisi rayuan kampanye yang tidak substansial," pungkasnya. [medcom.id/]

Iklan Atas Artikel