Wiranto: Ada Isu Pemilu akan Rusuh, Ini Hoax!


Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku kerap ditanya oleh para pengusaha soal keamanan di Indonesia terkait digelarnya Pemilu serentak 2019. Bahkan ada yang menyebut akan ada kerusuhan saat pemilu.

"Saya sering ditanya oleh teman pengusaha terutama, menanyakan kepada saya, 'Pak, apakah betul Pemilu nanti April aman?' Loh kenapa? Karena ada berita isu bahwa pemilu nanti tidak aman. Pemilu nanti akan ada suatu kerusuhan yang membuat pemilu tidak aman. Ini isu, dan saya katakan tidak. Pemilu itu aman," ujar Wiranto di Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Si pengusaha tersebut, kata Wiranto, mengaku ada temannya yang siap kabur dari Indonesia karena khawatir pemilu rusuh. Wiranto menegaskan hal tersebut hoax.

"Saya tanya, lalu kenapa? Karena banyak temen-temen yang percaya isu kemudian siap-siap untuk kabur, sudah beli tiket kemudian sudah siap-siap ke luar negeri karena takut pemilu rusuh. Ini saya katakan hoax. Ini usaha mengacau pemilu," ujarnya.

Sebagai Menko Polhukam, Wiranto sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan pemilu berjalan aman. Polri atau Bawaslu juga sudah membuat indeks kerawanan pemilu.

"Saya selalu melakukan satu koordinasi dengan Kapolri dibantu TNI dengan KPU dan Bawaslu. Kita selalu mengadakan rapat koordinasi, mengadakan satu pertemuan-pertemuan untuk memastikan Pemilu 17 April 2019 itu aman," kata Wiranto. [detik.com]

Iklan Atas Artikel