Loading...

Bantah Isu Kenaikan Harga Bahan Pokok, Jokowi Bandingkan Inflasi Saat Ini dengan Akhir Era SBY


Presiden Joko Widodo tak setuju jika ada anggapan harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan di era pemerintahannya.

Kepala Negara menegaskan, harga bahan pokok selama 4,5 tahun terakhir terkendali. Hal ini bisa dilihat dari angka inflasi yang rendah di kisaran 3 persen.

Jokowi lantas membandingkan angka inflasi saat ini dengan angka pada akhir era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kalau kita bandingkan dengan 2014 akhir, 8 persen lebih inflasi kita. 8,3 persen," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan, Selasa (12/3/2019).

Jokowi mengatakan, pemerintah bekerja keras untuk mengendalikan inflasi itu. Pada 2015, angka inflasi turun drastis ke angka 3,3 persen. Pada 2016, angkanya kembali turun ke 3,02 persen.

Tahun 2017, angka inflasi sedikit naik, namun masih terkendali di angka 3,61 persen. Sementara pada tahun lalu, angkanya kembali turun ke level 3,13 persen.

"Artinya, Bapak Ibu sekalian, pengendalian harga itu bisa dilakukan dan pada angka yang sangat rendah. Jadi kalau ada yang menyampaikan harga-harga naik, ya kalau satu dua barang itu biasa. Tapi rata-rata teori ekonomi, yang namanya inflasi berkaitan pengendalian harga," kata Jokowi.

"Kalau sekarang inflasi 3,13 persen, dibanding 2014 kita ini turunnya sangat anjlok sekali. Dari 8,3 menjadi 3,13. Supaya kita tahu semuanya," tambah mantan pengusaha mebel ini. [kompas.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan