Loading...

BUMN Bangun Ruas Tol Terpanjang di Indonesia Hanya dalam 4 Tahun


Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer (km) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Sinergi BUMN menyelesaikan pembangunan ruas tol terpanjang di Indonesia itu hanya dalam waktu empat tahun.

Menteri BUMN, Rini Soemarno bangga dengan kerja Hutama Karya dalam menyelesaikan ruasl tersebut. Apalagi, ruas tol yang menjadi bagian dari tol Trans Sumatera itu dibangun dari awal.

"Kita sebagai BUMN cukup bangga karena ini benar-benar mulai dari nol. Jadi tahun 2015 itu penentuan lokasi saja belum ada. Jadi benar-benar dari penentuan lokasi sampai selesai ini persis 4 tahun," kata Rini melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Sementara Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo berharap beroperasinya ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar bisa berdampak positif terhadap mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera.

"Serta memperlancar alur distribusi melalui waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau," kata dia.

Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar membentang dari Pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggi Besar. Ruas tol tersebut terdiri dari sembilan subseksi.

- Sub Seksi 1 Pelabuhan Bakauheni-Simpang susun Bakauheni sepanjang 8,8 km
- Sub Seksi 2 Simpang susun Bakauheni-Kalianda sepanjang 18,5 km.
- Sub Seksi 3 Simpang susun Kalianda-Sidomulyo sepanjang 11,7 km
- Sub Seksi 4 Simpang susun Sidomulyo-Lematang sepanjang 35,4 km
- Sub Seksi 5 Simpang susun Lematang-Kotabaru sepanjang 4,3 km.

- Sub Seksi 6 Simpang susun Kotabaru-Branti sepanjang 17,9 km, Subseksi 7 Simpang susun Branti-Metro sepanjang 12,6 km,
- Sub Seksi 8 Simpang susun Metro-Gunung Sugih sepanjang 22,5 Km,
- Sub Seksi 9 Simpang susun Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 8,9 Km.

Pengerjaan jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dikerjakan oleh sejumlah BUMN yang dipimpin Hutama Karya. Di bawahnya ada PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Ada empat paket pengerjaan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Paket 1 sepanjang 39 km dikerjakan PTPP, paket 2 sepanjang 39,7 km dikerjakan Waskita Karya, paket 3 sepanjang 29,9 km dikerjakan Wijaya Karya, dan paket 4 sepanjang 31,4 km dikerjakan Wijaya Karya. [inews.id]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan