Jokowi: Rommy Kawan, Tapi Kita Tetap Hormati Keputusan KPK


Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy) yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Jokowi mengatakan menghormati keputusan KPK tersebut.

Jokowi menyebut, Rommy merupakan kawan yang sudah lama berjuang dalam Koalisi Indonesia Kerja Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Jokowi pun mengaku sedih atas kasus yang menimpa Rommy.

"Apapun, Pak Rommy adalah kawan kita. Sudah lama, dan juga ikut dalam Koalisi Indonesia Kerja juga sudah lama. Kita sangat sedih dan prihatin," kata Jokowi di Hotel Cambridge, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (16/3/2019).

Meski prihatin, Jokowi menegaskan dirinya menghormati keputusan KPK dalam kasus tersebut. Rommy harus menjalani proses hukum yang ada.

"Kita menghormati keputusan yang telah ditetapkan oleh KPK dan kita menghormati seluruh proses hukum yang ada," kata Jokowi.

Terkait pernyataan Rommy yang mengatakan dirinya dijebak dalam kasus itu, Jokowi tak mau jauh menanggapi. Dia mengaku tidak mengerti dengan hal itu.

"Oh nggak, saya nggak ngerti itu," kata Jokowi.

KPK telah resmi menetapkan Rommy sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama. Ada uang sebanyak Rp 156 juta yang disita saat KPK melakukan OTT terhadap Rommy di Surabaya pada Jumat (14/3) kemarin. Kini Rommy telah mengenakan rompi oranye KPK dan ditahan oleh lembaga antirasuah tersebut. [detik.com]

Iklan Atas Artikel