Pekan Depan Presiden Jokowi Akan Resmikan MRT


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Moda transportasi massal berbasis rel Mass Rapid Transit (MRT) pada Minggu, 24 Maret 2019 mendatang. Peresmian itu bertempat di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia.

"Dan kalau tidak ada halangan, hari Minggu, tanggal 24 Maret besok, akan diresmikan oleh beliau (Presiden Jokowi), bertempat di Stasiun Bundaran HI," kata Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Jakarta Tuhiyat di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).

Tuhiyat mengatakan, orang nomor satu di Tanah Air itu pun akan mencoba MRT pada Selasa, 19 Maret 2019. Beliau akan mengajak seluruh menteri yang tergabung dalam kabinet Indonesia kerja.

"InsyaAllah, Bapak Presiden besok beserta Kabinet jam 10.00 ya untuk mencoba kereta MRT," ujarnya.

Menurut dia, pengoperasian MRT secara komersial akan resmi beroperasi pada Senin, 1 April 2019 mendatang. Tarif MRT diusulkan oleh Pemprov DKI sebesar Rp 10.000. Namun, usulan itu belum disetujui oleh DPRD DKI. Dengan tarif tersebut, Pemprov DKI harus menggelontorkan subsidi Rp572 miliar untuk MRT dari APBD DKI 2019.

Pada masa operasi komersil nanti, MRT Jakarta menargetkan mengangkut sekira 65.000 penumpang setiap harinya. Angka tersebut diharapkan terus meningkat hingga 130 ribu penumpang per hari.

Dalam satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong kereta dengan jumlah penumpang yang bisa diangkut mencapai 1.900 orang. Rencananya akan ada 14 rangkaian kereta yang beroperasi pada masa operasi komersial nanti, dan dua rangkaian lainnya jadi cadangan. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel