Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Sibolga


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara. Pelabuhan megah untuk penumpang dan bongkar muat ini pengembangannya dilakukan sejak Agustus 2016.

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga pada hari ini, terima kasih wasallamuallaikum warrahmatullah wabarokatuh," ujar Jokowi saat meresmikan Pelabuhan Sibolga, Minggu (17/3/2019).

Jokowi hadiri didampingi Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Sibolga, dan Tokoh Sibolga Akbar Tanjung, serta jajaran PT Pelindo.

Kepala Negara menyambut baik adanya penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga. Sebab, dari pengembangan fasilitas bisa mengakomodir peningkatan jalur logistik barang dan jasa.

"Kapasitas kontainer yard nya sekarang mencapai 20 ribu TEUs per tahun meningkat sangat drastis sekali," katanya.

Ukuran kapalnya, sambung Jokowi, dulu hanya sampai 2 ribu GT, tapi sekarang sudah bisa sampai ke 6 ribu GT, yang berarti kapal besar sudah bisa bersandar di sini.

"Terminal penumpang, dulu hanya 80 orang sekarang bisa menampung 500 orang, alhamdulillah," katanya.

Jokowi menambahkan, dengan peresmian Pelabuhan Sibolga menandakan infrastruktur sudah siap. Sekarang adalah saatnya bekerja untuk mendorong terus pertumbuhan ekonomi di Sibolga dan sekitarnya.

"Sekarang saatnya kita bekerja. Infrastruktur siap, kita tinggal mendorong terus agar ekonomi di Sibolga dan sekitarnya lebih berkembang lagi," tuturnya.

Terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga memiliki luas 2.786 m2. Adapun kapasitasnya sekira 500 orang.

Sedangkan Dermaga Multipurpose memiliki panjang 153 m dengan lebar 33,5 m. Panjang tambatan 250 meter. Untuk Dermaga Ferry, panjang tambatan 198 meter. Ditambah dengan fixed crane kapasitas 40 ton.

Berbagai fasilitas untuk memanjakan penumpang jiga tersedia di pelabuhan rasa bandar udara (bandara) ini. Seperti adanya skybridge yang menghubungkan terminal penumpang menuju dermaga.

Selain itu, ruang tunggu yang luas, ruang menyusui, karantina, imigrasi, serta ruang VIP dan sejumlah fasilitas lainnya. Adapula rooftop di bagian atas pelabuhan, yang dialasi dengan rumput sintetik. Dari sana bisa melihat pemandangan yang indah. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel