Loading...

11.744 WNI di Belanda Antusias Ikuti Pemilu


Sebanyak 11.744 warga negara Indonesia di Belanda antusias berpartisipasi dalam pemilihan umum 2019. Pemilu untuk WNI di Belanda dilaksanakan pada Sabtu, 13 April 2019.

Ada dua sistem pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh WNI di Belanda. Mereka boleh memilih langsunh datang ke tempat pemungutan suara (TPS) atau dikirim melalui pos.

"Di Den Haag akan tersedia lima Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) dan 2 TPS Pos. Sebanyak 9.700 calon pemilih akan hadir ke TPSLN Den Haag yang berlokasi di Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), beralamat di Rijksstraatweg 679, 2245 CB Wassenaar," demikian dikutip keterangan tertulis KBRI Den Haag yang diterima Medcom.id.

Berhalangan hadir ke TPS, 2.044 WNI mencoblos dengan sistem pos. Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Den Haag memberikan kesempatan mengirim kembali surat suaranya sebelum 17 April. Ini dilakukan agar suara dapat dihitung pada hari penghitungan.

Apabila surat suara tersebut baru tiba setelah 17 April, maka surat suara tidak dapat dihitung.

Terdapat 199 WNI yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka kemudian dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Pendataan DPTb dilakukan setelah PPLN menetapkan DPT pada Desember 2018.

Sementara itu PPLN Den Haag telah mengindikasikan 1026 WNI akan masuk ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Pesta demokrasi juga dilakukan di luar negeri, sesuai dengan pasal 23 PKPU No. 12 tahun 2018, di mana salah satu persyaratannya adalah para WNI calon pemilih berdomisili di Luar Negeri, dalam hal ini di Belanda.

Penghitungan surat suara akan berlokasi di KBRI Den Haag bersamaan dengan hari penghitungan di Indonesia, yakni pada 17 April. Penghitungan dilakukan oleh PPLN Den Haag dengan disaksikan oleh Panwaslu Den Haag, perwakilan saksi dari partai politik dan organisasi masyarakat Indonesia di Belanda.

PPLN Den Haag beranggotakan tujuh orang berasal dari unsur masyarakat dan tiga orang anggota sekretariat dari unsur KBRI Den Haag. Dalam pelaksanaan pemilu, PPLN Den Haag dibantu oleh 41 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Penetapan hari pemungutan suara di Belanda pada Sabtu 13 April berdasarkan pertimbangan hari libur kerja atau sekolah serta kuliah WNI di Belanda. Panitia juga mempertimbangkan antusiasme WNI calon pemilih yang akan hadir di TPSLN dalam Pemilu serentak ini. [medcom.id]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel