Loading...

Cerita Basuki Hampir 5 Tahun Jadi 'Jenderal Infrastruktur' Jokowi


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikenal sebagai jenderal lapangan dalam pembangunan infrastruktur yang digenjot pemerintah kurang lebih lima tahun terakhir. Sejumlah infrastruktur baru dibangun mulai dari jalan, jembatan, hingga bendungan.

Saat ditanya mengenai kesannya terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama lima tahun menjadi menteri, Basuki mengaku Jokowi adalah sosok yang demokratis. Dalam melaksanakan pembangunan, Basuki bilang tak pernah diperintah berdasarkan satu suara saja.

"Sebagai pembantu beliau (Jokowi), beliau sangat demokratis. Program-program yang dijalankan sudah saya jalankan dan rumuskan juga dilaksanakan. Tidak pernah beliau memerintah otoriter. Pasti didiskusikan. Beliau beri arahan begini-begini lalu saya terjemahkan dalam program baru dilaporkan kembali," katanya saat ditemui usai mencoblos di TPS 001 Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Basuki juga mengaku punya frekuensi yang sama dengan Jokowi. Hal ini membuatnya mudah dalam bekerja.

"Saya dengan beliau hanya loyalty and trust. Itu basic kami bekerja. Beliau sama gitu. Bekerja kalau nggak sama frekuensi kan susah," katanya.

Dia bilang, ke depan pemerintah akan tetap menggenjot pembangunan infrastruktur. Namun untuk mengoptimalkan infrastruktur yang sudah dibangun, pemerintah akan fokus dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM).

"Infrastruktur tetap jalan, tapi sekarang dibarengi SDM. Jadi untuk bisa memanfaatkan infrastruktur yang disediakan walau kurang itu tetap kita jalankan. Dilanjutkan pembangunan yang optimal harus didukung SDM yang kuat," ungkapnya. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...