Loading...

Jokowi-Ma'ruf Menang Mayoritas di Ethiopia dan Djibouti


Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang mayoritas dengan perolehan 71,24 persen suara dari total 153 pemilih terdaftar, berdasarkan rilis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Addis Ababa yang diterima di Jakarta, Rabu 17 April 2019.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 27,45 persen. Sedangkan sisanya, 4 surat suara dinyatakan tidak sah.

Penghitungan suara hasil Pemilu Indonesia 2019 di Addis Ababa, Ethiopia, dihadiri sejumlah ibu-ibu Indonesia yang sebagian besar mendampingi suami mereka yang bekerja di negara Afrika itu.

"Kenapa banyak ibu-ibu sementara bapak-bapak sedikit? Karena bapak-bapak masyarakat Indonesia di Addis Ababa bekerja di tempat kerja masing-masing, karena memang di Ethiopia hari ini bukan hari libur," kata Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur seperti dikutip Antaranews.

PPLN Addis Ababa melaksanakan pemungutan suara melalui kotak suara keliling (KSK) dan pencoblosan langsung di TPS KBRI Addis Ababa.

KSK di Djibouti mengakomodasi hak pilih 5 orang WNI pada Jumat 12 April, sementara KSK di Kota Hawassa--sekitar 280 km selatan Addis Ababa, memfasilitasi 105 orang pemilih pada Sabtu 13 April.

Pencoblosan langsung di TPS KBRI Addis Ababa dilaksanakan pada Minggu 14 April dan diikuti 43 orang. (Baca Juga: Suara Jokowi-Ma'ruf Amin Melejit di Vatikan)

Pelaksanaan penghitungan suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook KBRI Addis Ababa agar masyarakat dapat menyaksikan secara langsung, terutama sekitar 150 masyarakat Indonesia yang bekerja di tiga perusahaan Indonesia di Hawassa Industrial Park. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan