Real Count KPU, TKN: Perolehan Suara Jokowi-Ma'ruf Tak Terbendung


Data penghitungan sementara suara Pilpres 2019 yang diunggah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), Sabtu (27/4) pada pukul 13.00 WIB, telah mencakup 42, 16% Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau 342. 963 dari total 813.350 TPS.

Data Situng sementara menampilkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memperoleh 56,36% sedangkan Prabowo-Sandiaga 43,64% atau unggul 12,72%.

Jokowi-Amin unggul di sejumlah provinsi, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, hingga Papua. Sedangkan Prabowo-Sandi sementara ini unggul di Sumatra Barat, Jambi, Aceh, Banten, hingga Nusa Tenggara Barat.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Lukman Edy mengatakan hal ini membuktikan suara dukungaan untuk Jokowi tak terbendung. Ini terlihat dari suara yang masuk di website KPU, menunjukkan hampir 50%.

“Perolehan suara sementara, Jokowi-Ma’ruf masih tetap unggul di versi real count. Namun, kami tetap akan menantikan penghitungan manual oleh KPU. Karena, dari sanalah terlihat benar tidaknya pemilu telah dicurangi, seperti yang ditudingkan. Rekapitulasi yang manual dan berjenjang justru menekan potensi kecurangan,” tegasnya.


Yang pasti, seluruh tim pendukung paslon 01 tetap berkonsentrasi mengawal pelaksanaan rekapitulasi. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel