Sebut Ada Riak-Riak Kecil Pasca Pemilu, Moeldoko: Jokowi Ingin Langkah Pencegahan


Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan bahwa pernyataan Presiden Joko Widodo soal adanya riak-riak kecil usai Pemilu serentak 2019 merupakan untuk mengingatkan agar aparat TNI-Polri tetap waspada.

"Oh (itu) kan mengingatkan, situasi habis kondisi seperti kan perlu semuanya mewaspadai. Jangan sampai masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman," kata Moeldoko usai menghadiri sidang kabinet di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019).

Moeldoko menilai, Kepala Negara ingin memberikan penekanan TNI dan Polri lebih fokus lagi pada memahami situasi. Ia pun membenarkan bahwa Polri juga turut menerjunkan Brimob dalam menjaga keamanan di Jakarta.

"Karena Jakarta sebagai barometer pasti harus kita perkuat lah," terang mantan Panglima TNI itu.

Meoldoko memaparkan bahwa Presiden Jokowi juga meminta adanya langkah pencegahan yang dilakukan aparat keamanan agar situasi negara tetap kondusif setelah pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Tapi ada sementara masyarakat yang gamang, kita harus memberikan keyakinan kepada masyarakat nggak ada apa-apa situasinya. Jadi masyarakat kalau ada pasukan yang turun di lapangan justru harus merasa nyaman, jangan merasa ketakutan. Begitu ya," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kepada TNI dan Polri agar benar-benar bisa menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban negara.

"Kepada para menteri, lembaga, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN, minta agar stabilitas keamanan dan ketertiban betul-betul terus dijaga," kata Jokowi saat menggelar sidang paripurna 'ketersediaan anggaran dan pagu indikatif tahun 2020' di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan bahwa adanya 'riak-riak' kecil usai Pemilu serentak 2019 adalah hal yang biasa. Kendati demikian, sambung dia, stabilitas negara harus bisa dijaga guna menciptakan kemanan di masyarakat.

"Agar kondisi yang ada betul-betul kondusif meskipun saya lihat juga. Saya kira biasa dalam peristiwa demokrasi ada riak-riak kecil, tapi jangan sampai mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," tegasnya. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel