Wiranto: Pelaksanaan Pemilu 2019 Dapat Banyak Apresiasi dari Luar Negeri


Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam), Wiranto mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2019 mendapatkan apresiasi dari banyak negara.

"Kita bersyukur secara umum pemilu dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, dan aman. Dan kita sudah mendapatkan apresiasi dari banyak negara," ujar Wiranto dalam rapat koordinasi pasca pemilu di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Wiranto menambahkan, pemerintah bersyukur bahwa dulu diisukan bakal ada kerusuhan pada pelaksanaan pemilu, ternyata tidak terjadi. Sebab, Pemilu 2019 dilaksanakan serentak dan pemilihnya tercatat lebih dari 150 juta orang.

"Kita berhasil melaksanakan pemilu yang besar karena cakupan wilayahnya luas dan sangat kompleks untuk memilih lima sektor dalam satu hari," ungkapnya kemudian.

Kemudian, lanjut Wiranto, proses rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga diamankan dan dikawal dengan baik hingga pengumuman resmi pada 22 Mei 2019.

"Perhitungan suara oleh KPU akan kita kawal dengan baik, kita amankan dari segala intervensi yang dapat menganggu aktivitas KPU, baik di daerah maupun di pusat," ungkapnya kemudian.

Dalam rapat itu, hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. [kompas.com]

Iklan Atas Artikel