Aturan Paskibraka Putri Pakai Celana Panjang Dibatalkan


Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan seluruh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 untuk putri tetap memakai rok. Keputusan tersebut diambil setelah mendengarkan masukan dari sejumlah pihak.

Sebelumnya Kepala Staf Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono juga telah membenarkan bahwa Pakibraka putri akan menggunakan celana panjang dalam HUT ke-74 RI di halaman Istana Merdeka. Namun, bagi anggota Paskibraka putri yang tak berhijab tetap bisa memakai rok. Kemudian, aturan ini dibatalkan.

"Dalam perkembangannya kami menampung aspirasi dari berbagai pihak itu kemudian dibatalkan oleh Pak Menpora," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Menpora Imam Nahrawi telah membuat Surat Edaran Nomor: SE 821/MENPORA/VIII/2019 tentang Tata Pakaian Pada Pasukan Pengibar Bendara Pusaka kepada seluruh instansi tertanggal 2 Agustus.

Gatot mengatakan surat edaran tersebut berisi tentang tata pakaian Paskibraka di dalam pelaksanaan untuk laki-laki dan perempuan tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Intinya adalah kembali sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadi contohnya kalau yang cewek tetap pakai rok seperti biasa," ujarnya.

"Dalam perkembangannya kan menimbulkan kontroversi dan akhirnya diputuskan untuk tetap pola seperti yang lama," tambah Gatot.

Presiden Joko Widodo telah mengungkuhkan 68 siswa/siswi SMA dari 34 provinsi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019.

Seluruh anggota Paskibraka putri tetap memakai rok, baik yang berhijab maupun tidak. Sedangkan untuk yang laki-laki tetap memakai celana panjang. [okezone.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...