Loading...

Disebut Berpeluang Jadi Menteri Jokowi, Ini Jawaban Risma


Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dilantik sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pelantikan ini pun mencuatkan isu Risma bakal diplot sebagai calon menteri di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Risma enggan menanggapi kemungkinan itu. Terpenting baginya saat ini menuntaskan tugas sebagai wali kota Surabaya.

"Enggak, aku kan masih belum selesai jadi wali kota. Jadi saya harus selesaikan dulu ya jadi wali kota," ujar Risma di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Dia menuturkan, meskipun berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kota Surabaya, tidak otomatis dirinya dapat menjadi menteri. Apalagi, dirinya masih punya kewajiban untuk melaksanakan sisa jabatan yang berakhir pada 2020 mendatang.

"Ya karena apa pun lah, meskipun tinggal dua persen kemiskinan, aku bisa menurunkan. Tapi kan ndak bisa kemudian aku tinggalkan itu. Jadi biar selesaikan dulu," kata mantan kepala Bappeko Surabaya ini.

Risma pun menegaskan selama ini dirinya tidak pernah meminta jabatan apapun termasuk menteri di pemerintahan Jokowi. Sesuai prinsipnya dan ajaran agama yang dianutnya, tidak boleh meminta-minta jabatan.

Sementara itu Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, penentuan menteri merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. PDIP percaya Jokowi akan menjalin komunikasi dengan Mega selaku pemimpin partai pengusung. PDIP dalam hal ini mempercayakan sepenuhnya kepada Mega.

Tentang rumor yang juga menyebut Risma bakal dipasang sebagai jagoan pada Pilkada DKI Jakarta 2024, Hasto tak mau berspekulasi. Yang pasti, kata dia, Risma ditunjuk sebagai Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan yang memiliki tugas untuk mewujudkan Indonesia berkepribadian.

"Ya nantilah, Pilkada DKI kan masih 2024. Kan masih sangat lama Karena pilkada kan hanya ada di 2020, kemudian 2024," kata Hasto. [inews.id]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel