Mendikbud: Kakak Iriana Jokowi Kena Rotasi Guru di Solo


Pemerintah sudah memberlakukan rotasi guru sesuai zonasi. Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut kakak Ibu Negara Iriana Jokowi ikut dirotasi dari sekolah tempat ia mengajar.

"Ada Solo sudah melakukan rotasi. Bahkan kakaknya Ibu Negara juga kena rotasi. Kemudian Solo, Malang yang sudah saya tahu, Surabaya. Rata-rata kota sudah melakukan rotasi," ujar Muhadjir di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Muhadjir menyebut, kakak Iriana berprofesi sebagai guru SMP di Solo. Dia menegaskan pihaknya tidak tebang pilih terkait rotasi guru.

"Iya. Di zonasi. Artinya ini tidak tebang pilih. Pokoknya kebijakan ini tidak ada hak-hak istimewa, siapa pun harus mengikuti aturan. PPDB juga gitu, keponakan saya nggak lolos ya silakan saja," ujar Muhadjir.

Menurutnya, rotasi untuk guru SD kemungkinan dilakukan enam tahun sekali. Sedangkan untuk guru SMP, SMA dan SMK rencananya maksimal empat tahun sekali.

"Jadi sekali lagi, rotasinya hanya di zona saja. Tidak perlu antardaerah apalagi provinsi, jadi guru-guru jangan resah. Jadi per zonasi dulu kita mulai," ujarnya.

Nantinya, regulasi mengenai zonasi akan diperkuat menjadi bentuk regulasi. Di dalamnya akan mencakup mengenai regulasi sistem rotasi guru.

"Yang pasti Insyaallah mudah-mudahan tahun depan sudah ada peraturan yang baku," kata Muhadjir. [detik.com]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...