Loading...

Presiden Jokowi Akan Kunjungi Malaysia dan Singapura Pekan Ini


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura dan Malaysia pada pekan ini. Presiden akan melakukan kunjungan resmi ke Malaysia pada 8-9 Agustus 2019, dilanjutkan dengan kunjungan ke Singapura untuk menghadiri peringatan bicentennial (peringatan dua abad) Negeri Singa.

Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri RI, Denny Abdi mengatakan, Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan memulai kunjungan di Malaysia pada 8 Agustus 2019.

Presiden Jokowi hanya setengah berada di Malaysia pada 9 Agustus 2019, sebelum melanjutkan perjalanan ke Singapura, memenuhi undangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong untuk menghadiri peringatan 200 tahun Singapura.

Di Malaysia, Presiden Jokowi akan disambut oleh Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad sebelum melakukan makan siang resmi yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral. Kunjungan di Malaysia akan ditutup dengan salat Jumat bersama dengan PM senior Malaysia itu.

"Karena waktu yang tidak banyak, isu-isu yag dibahas kedua pemimpin hanya yang terpenting saja antara lain mengenai akses pendidikan anak-anak pekerja migran Indonesia, berupa community learning center,” tutur Denny Abdi pada press briefing di Kementerian Luar Negeri, Selasa (6/8/2019).

"Kedua pemimpin juga akan membahas mengenai kemajuan negosiasi perbatasan, baik perbatasan darat maupun perbatasan laut antara Indonesia dan Malaysia."

Adapun isu-isu lain yang tidak masuk dalam pembahasan pertemuan tersebut akan diangkat dalam pertemuan rutin pemimpin Malaysia dan Indonesia yang akan digelar tahun ini.

Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan Presiden RI atas kunjungan PM Malaysia pada Mei 2018. Saat itu, Tun Mahathir yang baru saja terpilih kembali sebagai perdana menteri Malaysia melakukan kunjungan ke indonesia yang juga bertepatan pada hari Jumat.

Sementara di Singapura, Presiden Jokowi, bersama PM Mahathir dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah akan menghadiri peringatan 200 tahun Singapura atas undangan PM Lee Hsien Loong.

"Bersama Sultan Brunei dan Perdana Menteri Malaysia, Presiden Indonesia diundang dlm acara peringatan kemerdekaan Singapura," kata Plt Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah postingan