Loading...

Presiden Jokowi Pimpin Apel dan Renungan Suci di TMP Kalibata


Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tengah malam ini. Upacara tersebut merupakan rangkaian acara memeringati Hari Kemerdekaan ke-74 RI.

Dalam kesempatan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi inspektur upacara dan pembaca naskah renungan.

"Kami yang hadir hari ini, Jumat tanggal 17 Agustus 2019 Pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah para pahlawan nusa dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan naskah.

Jokowi juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan. Ia mengatakan, saat ini para pahlawan yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini sebanyak 10.026 pahlawan.

Jumlah itu terdiri dari, TNI-Polri 9.081 pahlawan, Badan Perjuangan 859 pahlawan, Tokoh Nasional 43 pahlawan, dan tidak dikenal 43 pahlawan.

"Begitu pun pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," tuturnya.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya," tambahnya.

Setelah itu, Jokowi kemudian menyalakan obor dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

"Jadikanlah generasi penerus kami pewaris keteladanan dan patriot berhati para pendiri bangsa. Jadikanlah negeri kami negeri Pancasila yang aman dan tentram," ujarnya. [okezone.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel