Loading...

Presiden Jokowi: Saya Setuju 10 Capim KPK yang Dipilih Pansel


Presiden Jokowi menegaskan menyetujui 10 nama hasil seleksi Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK. Jokowi kini menunggu surat resmi dari Pansel.

"Terkait dengan pro-kontra hasil dari seleksi Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK, nggak bisa semuanya sesuai kehendak masing-masing. Kita nggak bisa pakai kacamata sendiri, kan ada proses," kata Jokowi dalam diskusi bersama Forum Pemred di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Jokowi mengatakan dia tak hanya diam menanggapi respons publik terhadap hasil seleksi capim KPK. Dia juga punya sumber informasi soal pansel dari intel.

"Sumber informasi itu sudah memverifikasi semuanya. Intinya, saya setuju dengan 10 nama yang disetorkan Pansel," ujar Jokowi.

Dia menyadari ada sejumlah nama yang masih direspons negatif oleh publik. Namun Jokowi sudah memverifikasi informasi-informasi terkait calon yang dipermasalahkan itu.

"Ini kan proses sudah berjalan. Saya sudah melakukan verifikasi, mendapatkan sumber informasi, intel kepolisian saya punya, intel kejaksaan saya punya," ujarnya.

Jokowi akan menyetorkan 10 nama capim KPK ke DPR dalam periode 14 hari setelah menerima surat resmi dari Pansel Capim KPK. Senin (2/9) kemarin, Pansel hanya memberitahukan hasil seleksi ke Presiden, belum berupa pengajuan resmi.

Sepuluh nama capim KPK hasil seleksi Pansel adalah:

1. Alexander Marwata, Komisioner KPK
2. Firli Bahuri, Anggota Polri
3. I Nyoman Wara, Auditor BPK
4. Johanis Tanak, Jaksa
5. Lili Pintauli Siregar, Advokat
6. Luthfi Jayadi Kurniawan, Dosen
7. Nawawi Pomolango, Hakim
8. Nurul Ghufron, Dosen
9. Roby Arya B, PNS Sekretariat Kabinet
10. Sigit Danang Joyo, PNS Kementerian Keuangan. [detik.com]
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel